cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA Rahmad Fauzi Lubis
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.15 KB)

Abstract

Kesulitan belajar siswa sebagai kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran di sekolah. Aktifitas belajar bagi setiap siswa tidak selamanya dapat berlangsung dengan baik.Ada kalanya lancar, ada kalanya tidak, kadang adakalanya cepat menangkap apa yang dipelajarinya. Kenyataan yang sering dijumpai pada diri peserta didik. Tujuan dari tulisan ini agar guru bisa mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran, tidak semua siswa mudah memahami pelajaran terlebih lagi mengenai pelajaran yang tidak mereka sukai. Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar.Usaha pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Mengajar sebagai usaha penciptaan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang menyenangkan. Sistem lingkungan belajar dipengaruhi oleh berbagai komponen yang masing-masing akan saling mempengaruhi.
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN Rahmatus Sa’idah
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.973 KB)

Abstract

Parents are a calling for people who have made us born into this world. They are father and mother. The person we interact with them every day. The figure of a mother as the first school for her children. And the father figure as a hero in his son's life. Then what is the view of the Qur'an about the roles of father and mother. Especially if you look at it now, all things that have to do with the child's life are the full responsibility of the mother. And as if the father only needs to be responsible for the financial life of the child in the form of food, shopping and children's clothing. There is even worse now, a father who no longer protects his child. So we need to see, how the demands of the Qur'an in terms of the role of the father towards his child. This paper contains the demands of the Qur'an for fathers in educating their children based on stories contained in the Al-Qur'an and other verses that indicate the meaning of the role of the father.
NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB TUḤFAH AL-MAUDŪD BI AḤKᾹM AL-MAULŪD Parlindungan Simbolon
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1354.589 KB)

Abstract

Orang tua berperan dalam menentukan keperibadian seorang anak dengan memberikan pendidikan yang baik sedini mungkin. Banyak tokoh yang menyusun konsep bagaimana cara mendidik anak dalam Islam, diantaranya adalah Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemikiran Ibn Qayyim al-Jauziyah tentang nilai pendidikan Islam dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara garis besar terdapat tiga nilai pendidikan yang dirumuskan oleh Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd, yaitu pendidikan fisik, pendidikan iman dan pendidikan ibadah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka agar menjadi generasi yang sehat dan berakhlakul karimah.
PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Mulia Rahmi
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.777 KB)

Abstract

Keluarga memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak, dari keluarga tempat berlangsungnya proses pendidikan pertama dan utama dalam tumbuh kembang anak. Penguatan dari keluarga dalam mendampingi anak belajar dirumah sangat penting, orangtua menjaga perasaan anak berarti menjaga emosional anak, menciptakan suasana nyaman belajar dirumah dan mendampingin anak belajar sesuai dengan karakter masing-masing anak dengan demikian anak bisa belajar dengan nyaman aman sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Sehingga eforia belajar di sekolah akan seperti belajar di rumah. Dari sinilah dibutuhkan peran penguatan keluarga dalam mendukung aktivitas yang dilakukan anak dalam hal yang positif anak dalam proses bejar dirumah.
TEORI BELAJAR DESKRIPTIF DAN TEORI PEMBELAJARAN PRESKRIPTIF Marzuenda Marzuenda
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 1 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam STAI Diniyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.619 KB)

Abstract

Penerapan Teori Belajar Deskriptif yang terstruktur atau terkonsep dapat membantu meningkatkan nilai siswa dengan cara meningkatkan giat belajar serta memahami materi, pendidik dapat menanyakan materi apa yanga belum difahami serta menyarankan untuk membuat belajar kelompok. Sedangkan Teori Belajar Preskriptif mencapai tujuan pembelajaran dengan menetapkan metode belajar optimal. Pembelajaran lebih sistematis dengan memberikan dorongan semangat kepada siswa dalam proses belajar. Dalam Teori Deskriptif psikologis siswa kurang di perhatikan dalam memahami materi, teori deskriptif lebih cenderung kepada hasil dalam sproses belajar. Sedangkan Preskriptif Membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai tujuan yang jelas dari proses belajar. Dengan penerapan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif siswa mendapatkan nilai yang lebih baik dari ulangan sebelumnya dengan belajar lebih giat, serta memberikan motivasi untuk lebih semangat belajar kepada siswa sehingga proses belajar berjalan dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5